Petani Tembakau Tolak Simplifikasi dan Kenaikan Cukai Rokok

JAKARTA.KRJOGJA.com – Masyarakat petani tembakau yang tergabung dalam Asosisi Petani Tembakau Indonesia (APTI), mendesak DPR-RI untuk menolak rencana pemerintah, khususnya Kementerian Keuangan yang akan menaikan dan melakukan simplifikasi pemungutan cukai rokok di tahun 2021 mendatang.

Kebijakan kenaikan dan simplifikasi (penyederhanaan) cukai hanya akan berdampak pada turunnya harga tembakau di tanah air yang merugikan masyarakat petani tembakau. Selain itu kalau sampai diberlakukan simpifikasi cukai rokok, hal itu hanya akan menguntungkan satu perusahaan besar asing dan sangat merugikan para petani tembakau di Indonesia.

Desakan tersebut disampaikan pengurus APTI yang juga Ketua APTI Jawa Barat Suryana, usai memimpin organisasinya mengadakan pertemuan dengan Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) DPR-RI yang diwakili oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR-RI dari wilayah Jawa Timur, Ibnu Multazam, di Gedung DPR-RI Kawasan Senayan Jakarta Pusat, kemarin. Hadir pada kesempatan tersebut pengurus APTI Jawa Barat lainnya, Otong, Sambas dan Sutarja.

BERITA REKOMENDASI