Pidato Presiden Tak Singgung Soal Ini, DPD Kecewa

JAKARTA (KRjogja.com) – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI menyayangkan pidato Ketua MPR RI di sidang tahunan MPR RI pada Selasa (16/8) ini ternyata tidak menyinggung keputusan MPR RI No.4 periode 2014 lalu, yang antara lain agar MPR RI melakukan penguatan DPD RI. Yang disinggung hanya masalah perlunya haluan negara. DPD RI menganggap tak ada haluan negara, tanpa penguatan DPD RI.

Ketua Badan Pengembangan Kapasitas Kelembagaan (BPKK) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, John Pieris menyayangkan pidato MPR yang dibacakan Zulkifli Hasan itu sama sekali tidak menyinggung tentang upaya penguatan DPD RI.

“Kebanyakan fraksi sudah mendukung usul amandemen. Politik itu konsensus, bukan menang menangan,  DPD adalah fraksi terbesar di MPR, kalo usulan penguatan DPD tidak dimunculkan maka DPD juga tidak akan mendukung upaya mengembalikan GBHN.”, tukas John uai mengikuti acara sidang tahunan MPR RI di Gedung Parlemen, Jakarta.  Selasa (16/8).

Sementara itu, Wakil Ketua BPKK, Instiawaty Ayus menilai MPR RI tidak konsisten dalam mengambil keputusan. Jika melihat dari putusan MPR RI periode sebelumnya, usulan penguatan DPD RI melalui amandemen telah masuk sebagai rekomendasi MPR RI, sedangkan untuk wacana menghidupkan GBHN baru saja diusulkan pada periode saat ini.

“Apa yang kami sampaikan ini bukan hal yang berlebihan, poin pertama dari rekomendasi MPR yang lalu adalah penguatan DPD dan baru akhir-akhir ini lahir usulan menghidupkan kembali GBHN, nah ini tidak konsisten karena MPR tidak menindaklanjuti putusan sesuai urutannya.(Sim)

 

 

DPD

BERITA REKOMENDASI