Pimpin Unversitas Pertamina, Prof Wirat Siap Wujudkan Kampus Kelas Dunia

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRJOGJA.com – Universitas Pertamina (UP) sebagai kampus energi dan bisnis besutan Pertamina melalui Pertamina Foundation terus berbenah mencapai visi universitas kelas dunia. Di bawah kepemimpinan Prof. Akhmaloka, Ph.D sejak 2016 hingga 2021, UP menghadirkan lebih dari 175 dosen bergelar master dan doktor lulusan perguruan tinggi terbaik dalam dan luar negeri.

Menginjak usia ke enam, UP akan berlayar dengan nahkoda baru. Melalui proses pemilihan transparan dan demokratis, Prof I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja, Ph.D dilantik secara resmi sebagai Rektor UP periode 2021 hingga 2026. Melalui ikatan kerja sama yang erat antara Pertamina dan ITB, Prof Wirat akan melanjutkan tampuk kepemimpinan dari Prof Akhmaloka. Prof Wirat berlatar belakang pendidikan di Institut Teknologi Bandung dan University of Kentucky Amerika Serikat (AS), serta pengalaman sebagai birokrat senior di Kementerian ESDM. Prof Wirat juga menjabat sebagai Guru Besar Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB.

“Sebagai bagian dari ekosistem Pertamina grup, UP dituntut untuk melahirkan SDM unggul dan menghasilkan penelitian bermanfaat. Guna menjawab tantangan energi baru terbarukan. Kolaborasi dan sinergi menjadi kunci untuk menang dalam kompetisi ke depan,” ujar Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati dalam acara pelantikan daring yang diikuti Dewan Pembina dan Dewan Penyelenggara UP, Senin (1/3).

Nicke menyampaikan UP menghadapi tantangan besar untuk mewujudkan visi menjadi world class university di bidang energi. UP harus sigap dan lincah beradaptasi terhadap kondisi volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity (VUCA) termasuk pandemi Covid-19 yang melanda dunia. “Kami yakin dengan berpedoman pada nilai akhlak, sinergi yang baik dan semangat transformasi, di bawah kepemimpinan Prof. Wirat UP akan mampu menjawab segala tantangan,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI