PKPI Gugat KPU ke Bawaslu

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesai (PKPI) Hendropriyono menyatakan telah mengajukan gugatan terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu). Gugatan diajukan karena PKPI dinyatakan tidak memenuhi syarat verifikasi di beberapa kabupaten/kota.

"Berkas permohonan sudah kami kirim pada hari Rabu, 14 Februari 2018, dan kami sudah menerima tanda terima berkas nomor 009/PS.PNM/II/2018," tutur Hendro.

Merujuk dari berita acara yang dikeluarkan KPU, Hendro mengatakan partainya tidak lolos verifikasi di tingkat kabupaten/kota di empat provinsi, antara lain Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Papua. Namun, Hendro tidak terima dengan hasil verifikasi tersebut.

Hendro menjelaskan, KPU telah melanggar hukum karena melakukan verifikasi berdasarkan sistem informasi partai politik (sipol). Di samping itu, Hendro juga mengatakan beberapa petugas KPU di sejumlah kabupaten/kota menolak melakukan verifikasi dengan alasan pengurus partai dan anggota tidak sesuai dengan data yang ada dalam sipol. (*)

BERITA REKOMENDASI