PKS Soroti Dewan Pengawas KPK

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menilai konsep Dewan Pengawas (Dewas) KPK bermasalah meski diisi oleh orang-orang yang berintegritas. Semantara, PDI-Perjuangan menyebut lima orang anggota Dewas itu akan berdampak baik bagi pemberantasan korupsi. 

Politikus PKS Indra menyebut hingga kini partainya masih konsisten dengan bersikap tak mendukung pembentukan dewan pengawas. Anggota Komisi III DPR periode 2009-2014 itu menjelaskan bahwa konsep dari kelembagaan dewan pengawas tersebut bermasalah dan masih menjadi persoalan. 

"Bagi saya, bukan personelnya yang bermasalah, tetap konsepnya," kata Indra.

Menurut Indra sendiri, dewan pengawas menambah panjang birokrasi dan dapat menghilangkan momentum untuk pemberantasan praktik rasuah oleh KPK. Ia merujuk pada proses perizinan kepada Dewas yang perlu dilakukan sebelum melakukan penyadapan. 

Ia beranggapan bahwa KPK seharusnya tidak memerlukan izin untuk itu dan cukup dilakukan pemberitahuan kepada atasan setelah penyadapan dilakukan. 

"Cukup pemberitahuan, kalau (dirasa) ada abuse of power dalam penyadapan, Dewas-nya hanya check and recheck, sehingga momentum tindak pidananya tidak lewat," jelas politisi PKS tersebut. (*)

KPK

BERITA REKOMENDASI