PKS Tegur Anggota Usul Legalkan Tanam Ganja

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di DPR RI Jazuli Juwaini menegur keras anggotanya yang duduk Komisi VI Rafli karena telah mengusulkan ke pemerintahan Joko Widodo untuk melegalkan tanaman ganja sebagai komoditas ekspor.

Menurutnya, Rafli juga telah meminta maaf atas kesilapan pikiran dan pernyataan yang telah menimbulkan polemik serta kesalahpahaman di tengah masyarakat. Dia pun menegaskan bahwa Rafli telah menarik usulan tersebut. 

"PKS menegur keras Rafly dan yang bersangkutan meminta maaf atas kesilapan pikiran dan pernyataan pribadinya itu sehingga menimbulkan polemik serta membuat salah paham di kalangan masyarakat. Beliau (juga) menarik usulan pribadinya itu," kata Jazuli.

Fraksi PKS, dia menerangkan, meminta agar Rafli berhati-hati dalam membuat pernyataan yg lebih banyak mudaratnya, apalagi menyangkut isu sensitif yang bisa kontraproduktif dengan semangat pemberantasan narkotika di Indonesia yang selama ini menjadi perhatian penting PKS. 

"Fraksi PKS menilai pernyataan pribadi Rafly itu kontroversial dan telah menimbulkan polemik yang kontraproduktif. Apalagi, usulan itu tidak mencerminkan sikap Fraksi PKS," ucap.

Jazuli menegaskan bahwa Fraksi PKS tidak memberikan toleransi bagi peredaran dan penyalahgunaan narkotika di Indonesia. Hal tersebut, menurutnya, dibuktikan dengan komitmen Fraksi PKS yang secara reguler mengadakan tes urine untuk anggota dan staf.

Dengan penarikan usulan Rafli ini, Jazuli menambahkan, pihaknya berharap kesalahpahaman dan polemik di tengah masyarakat tidak dilanjutkan. (*)

BERITA REKOMENDASI