Polemik Natuna, Prabowo Minta Jangan Dipanas-panasin

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menyampaikan bahwa kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harga mati. Pernyataan tegas itu disampaikan terkait dengan kapal ikan China yang masuk kawasan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia, dekat Kepulauan Natuna.

Prabowo meminta semua pihak untuk tidak memanaskan keadaan terkait keberadaan kapal ikan China yang sempat masuk wilayah ZEE Indonesia. "Ya kan jelas beliau sudah katakan kedaulatan harga mati. Tapi kita, jangan kita panas-panasin ya," kata Prabowo.

Prabowo mengatakan ZEE Indonesia dengan wilayah teritorial RI berbeda. Wilayah teritorial itu berada 12 mil dari lepas pantai. Perairan yang berada lebih luar dari batas teritorial itu disebut sebagai ZEE Indonesia.

Menurut Prabowo, kapal dari negara pun bebas melintas di wilayah ZEE Indonesia. Namun, kata Prabowo, melakukan eksploitasi ikan atau mineral harus kerja sama dengan Indonesia.

"Tapi kalau eksploitasi ikan atau mineral itu harus kerja sama, harus izin kita. Nah ini kan bisa diselesaikan kita bisa negosiasi dan sebagainya," ujarnya.

Ketua Umum Partai Gerindra itu mengatakan pemerintah tetap tenang menghadapi kapal ikan China yang masuk wilayah ZEE Indonesia. (*)

BERITA REKOMENDASI