Polisi ‘Semprit’ Pemudik Pakai Bak Terbuka

SUMEDANG, KRJOGJA.com – Sejumlah kendaraan bak terbuka yang mengangkut pemudik dihentikan polisi saat melintas di Jalan Raya Ir Soekarno, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Kapolres Sumedang AKBP Hari Brata mengatakan, pihaknya menghentikan laju kendaraan bak terbuka yang mengangkut pemudik karena dapat membahayakan. "Pihak kepolisian telah melarang kendaraan bak terbuka digunakan untuk angkutan mudik karena dapat membahayakan penumpangnya, tapi sejauh ini masih saja ada yang menggunakannya dan tidak mengindahkan larangan ini," ujarnya di Jatinangor, Kamis (29/6/2017).

Selain memeriksa surat kelengkapan berkendara, kata dia, pihaknya langsung menegur dan mengimbau sopir pengguna mobil bak terbuka agar tidak digunakan lagi untuk mengangkut pemudik.

"Setelah kami cek surat kelengkapan berkendaranya, kami baru bisa sebatas memberikan teguran agar ke depan tidak lagi digunakan untuk mengangkut orang atau pemudik," tuturnya.

Sopir bak terbuka nopol E 8630 PS, Kasma mengatakan, terpaksa menggunakan bak terbuka untuk menempuh perjalanan mudik dan balik Lebaran karena hanya kendaraan tersebut yang dimilikinya.

"Saya mudik ke Jatiwangi, Majalengka. Dan sekarang akan kembali ke Karawang. Kami sekeluarga mudik dengan kendaraan bak terbuka karena hanya kendaraan ini yang kami punya. Kalau mudik pakai bus harus keluar ongkos besar juga," katanya. (*)

BERITA REKOMENDASI