Polri Gelar Pelayanan SIM Gratis 1 Juli

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) baru maupun perpanjangan gratis akan digelar pada 1 Juli 2020. Pelayanan pembuatan maupun perpanjangan SIM ini khusus untuk SIM A dan C.

Pelayanan pembuatan baru dan perpanjang SIM gratis berlaku bagi SIM warga yang lahir pada 1 Juli. Namun kewajiban PNBP tetap dibayarkan.

Informasi mengenai pelayanan itu dibagikan lewat cuitan akun @TMCPoldaMetro di Twitter pada Sabtu (20/06/2020). Pelayanan ini dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-74.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo membenarkan informasi yang dibagikan lewat Twitter tersebut. “(Gratis) untuk yang lahir tanggal 1 Juli,” kata Sambodo.

Bagi warga yang hendak mengikuti pelayanan tersebut diminta untuk mendaftar terlebih dulu pada 25-30 Juni 2020. Pelayanan ini dibatasi dengan pembuatan SIM baru 200 orang, sementara perpanjangan SIM lama 300 orang.

Warga juga harus melengkapi persyaratan untuk mengikuti pelayanan ini. Adapun syarat-syaratnya yakni: e-KTP asli dan fotokopi, lulus tes kesehatan, lulus tes ujian teori dan praktek (proses SIM baru), dan SIM asli (untuk proses SIM perpanjangan).

Kendati demikian, masyarakat tetap harus membayar biaya cek kesehatan dan asuransi dalam proses pembuatan SIM tersebut. (*)

SIM

BERITA REKOMENDASI