Polri Petakan Daerah Rawan di Papua

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Mabes Polri hingga kini masih melakukan identifikasi dan pemetaan terhadap daerah rawan menjelang HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang jatuh pada 1 Desember 2019 mendatang.

"Seperti apa kerawanannya, daerah mana, apa kerawanannya, kerawanannya sepeti apa masih diindentifikasi oleh intelijen," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Mabes Polri Brigjen Pol Argo Yuwono.

Menurut Argo, hal itu dilakukan untuk menentukan perlu tidaknya penambahan pasukan dari luar Polda Papua untuk melakukan pengamanan di wilayah bumi Bumi Cenderawasih itu. 

Kendati demikian, ia menuturkan pihak kepolisian sudah melakukanupayapreemtif dan berkomunikasi dengan sejumlah masyarakat adat di Papua. Pihaknya meyakinkan masyarakat setempat bahwa Papua adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ia menegaskan, hingga kini pengamanan di wilayah Papua masih dilakukan oleh Polda Papua dan juga wilayah-wilayah di sekitarnya. "Kalau memang dirasa nanti pengamanannya kurang, Polda kirim surat dan nanti Mabes Polri akan memberikan bantuan," jelas Argo. (*)

BERITA REKOMENDASI