Polri: Reuni Aksi 212 Berjalan Kondusif

JAKARTA, KRJOGJA.com – Reuni aksi 212 di Kawasan Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat berjalan dengan tertib dan damai. Peserta aksi tersebut pun meninggalkan lokasi.

"Sudah pada pulang massanya," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo dalam keterangannya, Minggu (2/12/2018).

Menurut Dedi, pihaknya sudah memprediksi kegiatan reuni aksi 212 berlangsung damai. "Kan saya bilang, tidak banyak sesuai pengalaman tahun lalu. Situasi sangat kondusif," kata dia.

Dedi mengklaim, reuni aksi 212 berjalan damai bagian dari sinergitas pihak Polri dan TNI. "Ini merupakan keberhasilan Polri dan TNI mewujudkan giat tersebut berjalan sangat kondusif dan masyarakat memberikan apresiasi terhadap kinerja Polri dan TNI," kata dia.

Di sisi lain, Juru Bicara Jaringan Muda Produktif Indonesia Subkhi Rido memberikan pendapatnya terkait Reuni 212 di Jakarta. Dikatakannya, untuk prabowo dan pendukungnya patutlah bersyukur. "Meski bukan ditujukan untuk gerakan politik tapi reuni 212 dapat dikapitalisasi untuk kepentingan Pilpres. Ini adalah modal penting jika terus bisa memelihara momentum ghirah dan gairah ini," kata Subkhi Rido di Yogyakarta.

Untuk Jokowi dan pendukungnya perlulah berbesar hati. Karena hanya di era presiden Jokowi  aksi sebesar itu dapat berlangsung lancar dan damai. Aparat TNI dan Polri dapat bekerja dengan baik di bawah komando Presiden Jokowi. "Sulit dibayangkan jika presidennya bukan Jokowi, mungkin aksi akan berjalan keras dan menegangkan," ujar Subhki Rido yang juga aktivis muda Muhammadiyah.
 
Menurut Ridho, ini hanya soal cara berpikir aja. "berpikirnya waras pastilah bisa menguntungkan kedua belah pihak," tutupnya.(*/Apw)

BERITA REKOMENDASI