Portal Pendaftaran CPNS 2019 Sulit Diakses, Kenapa?

KABAR gembira bagi yang sedang menunggu bukaan lowongan CPNS 2019. Pasalnya pendaftaran online CPNS 2019 sudah dibuka sejak Senin, 11 November 2019.

Pendaftaran CPNS 2019 akan terintergrasi secara nasional lewat portal milik Badan Kepegawaian Negara atau BKN.

Pendaftaran CPNS 2019 sendiri dilakukan melalui sistem online di situs resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN). Namun, banyak pelamar yang kecewa karena laman BKN sempat tidak bisa diakses seperti yang terjadi hari ini Selasa (12/11/2019).

Pemerintah membuka sebanyak 152.250 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019, yang terbagi untuk 67 kementerian/lembaga dan 461 pemerintah daerah.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, 152.250 formasi CPNS itu dibagi masing-masing 37.425 formasi untuk kementerian/lembaga, dan 114.861 formasi untuk pemerintah daerah.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana dalam keterangannya mengatakan, bagi yang ingin mengikuti penerimaan CPNS 2019, harus menyiapkan dokumen, diantaranya scan KTP asli, foto, swafoto, ijazah dan transkrip nilai asli, serta beberapa dokumen pendukung lainnya yang dipersyaratkan oleh instansi.

"Dokumen yang perlu disiapkan pelamar untuk diunggah ke dalam portal SSCASN," jelas Bima seperti ditulis Senin (11/11/2019) lalu.

Dia menuturkan, dalam masa pengumuman ini, instansi yang membuka formasi CPNS 2019 diharapkan mempubikasikan pengumuman resmi pada situs web dan media sosial masing-masing.

Dia menjelaskan, pada penerimaan CPNS tahun ini pemerintah tidak membuka formasi tenaga administrasi karena jumlahnya sudah hampir separuh dari total di Indonesia.

Saat ini Pemerintah fokus membuka formasi untuk jabatan yang dapat berkontribusi memberikan perubahan.

"Selanjutnya perlu kami sampaikan bahwa saat pendaftaran daring telah dibuka, masyarakat diharapkan terlebih dahulu membaca dan memahami segala ketentuan pendaftaran yang akan tertuang pada portal SSCASN," kata dia.(*)

BERITA REKOMENDASI