Posko Induk Kemensos Siaga saat Tanggap Darurat

Posko induk Kemensos siaga selama masa tanggap darurat

JAKARTA (KR)- Menteri Sosial Juliari P Batubara mengatakan  curah hujan sampai bulan Februari masih tinggi.

Oleh karena itu Kemensos akan terus siaga dengan posko ini.
Demikian disampaikan Mensos Juliari P Batubara usai mengelilingi tenda-tenda dan fasilitas posko, mulai dari tenda logistik, perahu evakuasi, mobil dapur umum, mobil konsultasi hingga ambulans. Di Kemensos Jakarta ,Jumat (10/1 2020)

Tampak juga, Juliari mencoba fasilitas tandu dan ambulans untuk disabilitas.

.

"Kita tetap bersiap siaga karena memang curah hujan masih akan terus tinggi sampai sebulan ke depan sehingga walaupun kita berdoa tidak akan terjadi banjir-banjir besar beberapa hari kemudian, tapi tentu kita harus siap siaga," kata Juliari.

Saya sudah memerintahkan sesuai instruksi presiden agar jajaran Kemensos siap siaga merespon segala kemungkinan-kemungkinan yang terjadi sehingga sekali lagi rakyat yang terdampak banjir bisa merasakan kehadiran negara di tengah-tengah kesulitan pata korban," ucap Juliari

Namun ia mengakui berdirinya posko induk itu sedikit terlambat karena seharusnya sudah berdiri sejak awal terjadi bencana banjir.

"Diawal banjir kita disibukkan dengan aksi-aksi langsung seperti evakuasi dan penyaluran bantuan karena memang instruksi presiden segera bantu korban sebagai bentuk kehadiran negara," katanya.

Posko induk hanya sebagian kecil dari kemampuan Kemensos untuk menangani bencana juga digunakan untuk menampung bantuan-bantuan baik dari masyarakat, ormas, BUMN atau dunia usaha lainnya yang tidak punya kemampuan untuk menjangkau daerah terdampak bencana tapi menitipkan bantuannya di Kemensos.

"Kami jamin bantuan akan kami salurkan ke tempat-tempat yang paling membutuhkan," tambah Juliari.

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat mengatakan, Posko induk tersebut sebagai pusat untuk bantuan dan peralatan tersedia pusat komando, pusat informasi dan gudang logistik.

"Dengan ada pemusatan posko ini jadi siap, ada ruang data, peralatan penanggulangan bencana, dua truk kita siapkan untuk sewaktu-waktu termasuk dapur umum lapangan, pelayanan rehabilitasi sosial, mobil penyuluhan, mobil akses disabilitas dan lain-lain," ujar Harry (ati)

 

BERITA REKOMENDASI