Prabowo Didesak Lakukan Audit Alutsista

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Nasdem Willy Aditya meminta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan audit terhadap seluruh alutsista TNI usai pesawat jet tempur jenis BAe Hawk 209 milik TNI AU jatuh di Kabupaten Kampar, Riau.

Ia menilai audit alutsista pertahanan urgen dilakukan karena perkembangan ancaman pertahanan terus berubah dan dinamis dari tiap waktu. “Mendesak Kementerian Pertahanan untuk melakukan audit terhadap alutsista yang dimiliki TNI. Peralatan dan perlengkapan yang dipakai TNI kita itu harus menyesuaikan dengan situasi kekinian, termasuk pesawat yang dipakai. Kejadian berturut-turut ini harus mendapat perhatian serius,” kata Willy.

Willy menekankan Kementerian Pertahanan perlu mengkaji kembali setiap alutsista yang digunakan guna membangun sistem pertahanan secara komprehensif. Ia berharap persenjataan yang Indonesia miliki perlu disesuaikan dengan membaca dan melakukan analisis situasi perkembangan terkini ancaman pertahanan negara.

“Saya rasa DPR akan menyetujui penambahan anggaran alutsista jika audit komprehensif dilakukan termasuk hasil investigasi terhadap sejumlah kecelakaan alutsista. Jadi anggaran yang dikeluarkan itu akan punya dasar yang kuat,” kata dia.

Lebih lanjut, Willy menilai sudah saatnya Kementerian Pertahanan dan lembaga profesional independen perlu melakukan audit investigatif usai rentetan insiden kecelakaan pesawat dan heli latih belakangan ini. (*)

BERITA REKOMENDASI