Prangko Empat Pilar Resmi Diluncukan MPR RI

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kesekjenan MPR RI resmi meluncurkan prangko bergambar 4 Pilar MPR RI. Peluncuran ditandai dalam penandatanganan sampul hari pertama prangko 4 Pilar MPRI RI di Kompleks Parlemen RI Senayan Jakarta.

Ada empat prangko yang diterbitkan kali ini. Tiap prangko memuat masing-masing simbol maupun citra 4 Pilar MPR RI. Pilar Pancasila dan Pilar UUD 1945 dicitrakan dengan tulisan. Pilar NKRI dicitrakan dengan gambar gugusan kepulauan tanah air serta Pilar Bhinekatunggal Ika dengan gambar burung garuda.

“4 Pilar MPR ditempatkan dalam prangko ini suatu terobosan yang luar biasa. Kami bangga terhadap prangko 4 pilar ini,” ujar Sekjen MPR RI Ma’ruf Cahyono dalam rilisnya, Jumat (29/3/2019) malam.

Ia berharap, prangko ini bukan hanya sekedar simbol, tapi sesuatu yang memliki makna yang luar biasa. “Karena biasanya prangko itu memunculkan performa langsung pada kehidupan kita. Nah ini prangko isinya 4 Pilar Kebangsaan,” katanya.

Direktur Pos Direktorat Jenderal PPI Kemenkominfo, Ikhsan Baidirus mengatakan, 4 Pilar Kebangsaan ini sangat patut dan tepat diangkat dalam bentuk yang memuliakan seperti prangko.

Menurutnya, prangko itu merupakan simbol duta bangsa karena bisa berkeliling dunia. Dengan ini identitas kebangsaan semua warga bisa tersebar ke seluruh dunia.

“Prangko yang bapak ibu kirimkan melalui surat ke bangsa lain akan berbicara kekayaan bangsa kita, kehebatan intelektual Indonesia, kekayaan alamnya. Semuanya akan ditampilkan dalam keping kecil ini,” pungkasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI