Presiden Bentuk Kerangka Modernisasi TNI

JAKARTA (KRjogja.com) – Presiden Joko Widodo menginginkan di tahun 2019 nanti, kerangka modernisasi TNI sudah dapat terlihat dan benar-benar nyata. Hal tersebut dikatakan Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas mengenai pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) di Kantor Presiden, Jakarta. Rabu (20/07/2016).

Menurut Presiden modernisasi tersebut terdiri dari 3 kerangka penting yang harus diwujudkan di mana ketiganya sejalan dengan Rencana Strategis Kekuatan Pokok Minimum 2024. "Pertama, TNI-AD memiliki alutsista berat seperti tank medium, heli serbu, dan persenjataan infantri khusus," kata Presiden Jokowi.

Presiden menuturkan guna menunjang visi maritim Indonesia sebagaimana yang telah ditetapkan pada awal pemerintahannya, Presiden juga menginginkan TNI untuk memperkuat kemampuan angkatan laut nya. "Kedua, TNI-AL diperkuat alutsista dengan karakter kemampuan angkatan laut seperti kapal selam, kapal perang permukaan, dan sistem pengintaian maritim untuk pengamanan lokasi yang berpotensi konflik," tambahnya.

Kerangka yang ketiga, Presiden menginginkan TNI untuk memiliki alutsista strategis yang mampu mengamankan kedaulatan Indonesia di wilayah udaranya. "TNI-AU diperkuat oleh alutsista strategis berupa pesawat jet tempur, pesawat angkut berat, sistem pertahanan rudal, dan sistem radar," ujar Presiden. (sim)

BERITA REKOMENDASI