Presiden Iran Tolak Pengunduran Diri Menlu Javad Zarif

TEHERAN, KRJOGJA.com – Presiden Iran Hassan Rouhani menyatakan menolak pengunduran diri menteri luar negerinya, Mohammad Javad Zarif, yang disampaikan melalui posting di Instagram pada Senin.

Dalam pernyataan yang juga diumumkan melalui Instagram, Rouhani menyampaikan keputusannya untuk menolak pengunduran diri Zarif. Pernyataan itu disertai dengan foto dirinya dan Zarif tersenyum dan tagar “#Zarif_tidak_sendiri” dan “#Zarif_tetap_tinggal” dalam bahasan Farsi.

Keputusan Rouhani itu juga diperkuat oleh keterangan juru bicara kementerian luar negeri Iran yang menyatakan pengunduran diri Zarif telah ditolak.

"Semua interpretasi dan analisis seputar alasan di balik pengunduran diri Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif, di luar apa yang dia posting di akun Instagram-nya, tidak akurat dan, seperti yang dikatakan kepala staf presiden Iran hari ini, pengunduran diri belum diterima, ” jelas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Bahram Qasemi kepada kantor berita FARS sebagaimana dikutip RT, Rabu (27/2/2019).

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Zarif mengumumkan niatnya untuk mengundurkan diri sebagai menteri luar negeri Iran melalui sebuah posting di Instagram pada Senin. Dalam posting tersebut, tokoh yang berperan besar dalam tercapainya perjanjian program nuklir Iran, atau yang dikenal sebagai Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) itu menyampaikan permintaan maaf kepada rakyat Iran. (*)

 

 

 

 

BERITA REKOMENDASI