Presiden Jokowi: Waspadai Radikalisme Berbasis Digital

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRjogja.com -Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan tantangan di ruang digital semakin besar. Presiden Jokowi meminta masyarakat di seluruh lapisan untuk mengisi ruang digital dengan konten positif ketimbang ujaran kebencian.

“Konten-konten negatif terus bermunculan. Kejahatan di ruang digital terus meningkat,oleh karena itu sebaiknya warga waspada terhadap radikalisme berbasis digital”Demikian Presiden Jokowi dalam pidato pada Peluncuran Program Literasi Digital Nasional, ditayangkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (20/5).

Keberadaan konten negatif dan kejahatan di internet bisa mengancam persauan dan kesatuan bangsa. Menurutnya, semua pihak berkewajiban melawan arus konten-konten tersebut.

Kepala Negara mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memproduksi konten positif. Ia juga mengajak seluruh elemen bangsa untuk menggencarkan literasi digital.

“Banjiri ruang digital dengan konten-konten positif. Banjiri terus, isi terus dengan konten-konten positif. Kita harus tingkatkan kecakapan digital masyarakat agar mampu ciptakan mampu konteks kreatif yang mendidik,” tutur Jokowi.

Literasi digital jadi hal penting dalam kondisi saat ini. Dia berharap berbagai kelompok masyarakat membantu pemerintah untuk membumikannya.

“Literasi digital kerja besar. Pemerintah tidak bisa sendirian, perlu mendapat dukungan seluruh komponen bangsa agar semakin banyak masyarakat yang melek digital,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI