Presiden Kukuhkan Paskibraka 2016

JAKARTA (KRjogja.com) – Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) asal Yogyakarta Muhamad Rival Hidayat dan Adinda Awliya kemarin termasuk 67 orang Paskibraka  dari 34 provinsi se-Indonesia yang dikukuhkan Presiden Joko Widodo untuk bertugas dalam Peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 di Istana Kepresiden, Jakarta.

"Saya mengukuhkan Saudara-Saudara sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang akan bertugas di Istana Merdeka, pada tanggal 17 Agustus. Sebagai tanda dikukuhkannya Pasukan Pengibar Bendera Pusaka di seluruh Tanah Air Indonesia,” kata Presiden Jokowi, yang bertindak sebagai pembina upacara di Istana Negara, Jakarta. Senin (15/8).

Sebelumnya, Paskibraka yang dikukuhkan mengucapkan ikrar di depan bendera Merah Putih, yang disaksikan langsung oleh Presiden Jokowi. Paskibraka asal Sulawesi Barat, Ade Yuliana Iswan berkesempatan menjadi perwakilan yang memegang Bendera Merah Putih pada saat pembacaan ikrar.

Selain itu, Paskibraka juga menyatakan akan memegang  teguh ikrar dan menjalankannya dalam kehidupan sehari-hari.  Pengukuhan Paskibraka sendiri mempunyai makna bahwa Paskibraka memiliki jiwa kesatria, satu perkataan dan perbuatan, bertanggung jawab, serta rela berkorban untuk Ibu Pertiwi, Tanah Air Indonesia.

Acara pengukuhan dilanjutkan dengan pemasangan lencana dan kendit, serta pemberian ucapan selamat oleh Presiden Jokowi dan tamu undangan kepada Paskibraka 2016. (*)

BERITA REKOMENDASI