Presiden: Pelaku yang Hambat Pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional Bakal Dikejar

JAKARTA, KRJOGJA.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta seluruh rumah sakit yang melayani Jaminan Kesehatan Nasional dan Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk meningkatkan pelayanannya.

Hal ini disampaikan Jokowi saat menerima kedatangan para penerima manfaat Jaminan Kesehatan Nasional dan Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Istana Negara, Rabu (23/5/2018).

Nah ini yang paling penting, sebenarnya hanya dua. Rakyat itu kalau mau mendapatkan pelayanan kesehatan jangan dihambat. Kedua, rakyat yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan juga jangan dipersulit," kata Jokowi.

Jokowi pun mengancam akan menindak tegas sejumlah rumah sakit apabila memperlambat proses pelayanannya untuk rakyat.

"Jangan sampai saya nanti ngecek ke RS ada yang ngeluh ke saya karena dipersulit, dihambat, itu saya yang enggak mau. Pasti akan saya kejar kenapa dipersulit, kenapa dihambat. Saya cari pasti," ucap Jokowi.

Jokowi berharap masyarakat tetap sehat. Ia tak mau ada masyarakat menggunakan Jaminan Kesehatan Nasional dan Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) ke rumah sakit sekalipun itu program pemerintah.

"Kita berharap kartu ini tidak digunakan. Artinya masyarakat sehat semuanya. Jangan senang menggunakan ini. Saya pun punya kartu enggak mau gunakan ini, enggak, enggak, enggak. Jangan digunakan ini," terang Jokowi.(*)

BERITA REKOMENDASI