Presiden Soroti 50 Persen APBN Untuk Gaji PNS

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut, dari 131 daerah kabupaten/kota rasio belanja pegawai dan tunjangan terhadap belanja daerah (APBD) di atas 50% yang digunakan untuk membayar gaji dan tunjangan Aparatur Sipil Negara (ASN). 

Mayoritas belanja daerah ini, kata dia, sudah mulai disoroti Presiden Joko Widodo. Menkeu mengatakan, dalam arahan Presiden meminta anggaran daerah difokuskan kepada hal-hal yang berdampak langsung kepada masyarakat. Orang nomor satu di Indonesia meminta dibuatkan program untuk anggaran desa ini.

"Presiden sudah melihat ini dan meminta kami (Kementerian Keuangan), Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian PAN/RB untuk melakukan hal-hal untuk membuat pemerintah lebih fokus APBD melayani masyarakat dan program-program pembangunan," tuturnya, di JCC, Jakarta, Rabu (10/5/2017). 

Sebelumnya, Sri Mulyani membandingkan besaran anggaran belanja pegawai pemerintah pusat untuk gaji dan tunjangan para birokrat. Dari APBN 2017 sebesar Rp2.080 triliun, pemerintah pusat menggunakan seperempatnya untuk membayar gaji dan tunjangan para Aparatur Sipil Negara (ASN). (*)

BERITA REKOMENDASI