Produk Alternatif ‘Fermented Mother Liquor’ Dorong Pertumbuhan Ternak dan Ikan

Editor: Ary B Prass

JAKARTA, KRJOGJA.com- Produk alternatif tambahan nutrisi pakan ternak, yaitu Fermented Mother Liquor (FML) sangat dibutuhkan hewan ternak dan ikan. Kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap daging susu sapi ,serta ikan sangat tinggi. Sayangnya, peternakan lokal yang ada tidak mampu untuk memasok kebutuhan tersebut.
Menyadari kondisi tersebut, PT Ajinomoto Indonesia terus berinovasi dengan memanfaatkan sisa proses pembuatan Monosodium Glutamat (MSG) untuk menghasilkan produk-produk samping atau by product yang dapat digunakan kembali. Salah satunya, membuat produk alternatif tambahan nutrisi pakan ternak, yaitu Fermented Mother Liquor (FML). Demikian Direktur PT Ajinomoto Indonesia Yudho Koesbandryo, dalam siaran persnya Kamis (2/12/2021).
Sejauh ini pihaknya terus mendorong pertumbuhan serta perkembangan budi daya ternak sekaligus ikan. Produk ini merupakan bahan baku yang mengandung protein dan senyawa asam amino bebas tinggi untuk kemudian dicampurkan ke dalam pakan ternak.
“Aktivitas pengolahan produk samping atau by product sejalan dengan Ajinomoto Share Value (ASV) perusahaan, Ajinomoto Indonesia mulai melakukan pengolahan yang dalam prosesnya mengacu pada eco activity dan bio cycle,” ujar Yudho.
 Bahan baku utama produksi MSG adalah gula yang difermentasi, yaitu tetes tebu, tepung tapioka dan lain sebagainya.  Dari proses produksi tersebut akan menghasilkan produk samping yang kemudian dapat diolah menjadi produk dan memiliki nilai jual atau co-product. “Dalam hal ini menghasilkan Fermented Mother Liquor (FML),” jelasnya.
Menurut Yudho, FML merupakan cairan yang berasal dari hasil pengolahan produk samping dari proses produksi Monosodium Glutamat (MSG). Mengandung crude protein lebih dari 20%, FML bermanfaat bagi pertumbuhan serta perkembangan budi daya ternak sekaligus ikan. “Selain mempunyai kandungan utama protein, FML juga mengandung 3% hingga 5% asam amino dan mineral yang berkualitas tinggi,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI