Program Padat Karya, Kemenhub Siapkan Rp 1,27 Triliun

TANGERANG, KRJOGJA.com – Kementerian Perhubungan mengalokasikan Rp1,27 triliun untuk program padat karya di seluruh sektor, yaitu perhubungan udara, laut, darat dan kereta api.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, program tersebut akan menyerap total sebanyak 70.000 tenaga kerja. "Ada satu program padat karya secara esensial satu ketulusan, keinginan kita karena banyak sekali saudara-saudara kita tidak mendapatkan kesempatan bekerja," kata Budi dalam peninjauan ke Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia di Curug, Tangerang, Sabtu (24/2/2018).

Dia mengatakan program padat karya merupakan arahan Presiden Joko Widodo sebagai pengganti program Bantuan Langsung Tunai (BLT).

"Bantuan Langsung Tunai secara cuma-cuma itu menurut Bapak Presiden tidak mendidik, artinya dengan memberikan pekerjaan, mereka juga mendapatkan penghasilan," katanya.

Budi menjelaskan program tersebut berlangsung selama enam bulan dengan upah per orang Rp120.000 per hari.

Program padat karya yaitu program yang mempekerjakan masyarakat di sekitar fasilitas transportasi, seperti bandara, stasiun, terminal dan pelabuan untuk melakukan pekerjaan umum seperti membersihkan saluran air, merapikan taman dan lainnya. (*)

 

BERITA REKOMENDASI