Program Sekolah Penggerak Masuk Peta Jalan Pendidikan Hingga 2035

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah meluncurkan program sekolah penggerak pada tanggal 1 Februari 2021 kemarin. Program Sekolah Penggerak ini, rencananya akan masuk peta jalan program Pendidikan jangka Panjang Negara sampai Tahun 2035.

“Kemendikbud saat ini tengah menggodok peta jalan Pendidikan Indonesia bersama dengan Komisi X DPR RI, dan yang sedang dibahas ini adalah punya Negara, bukan punya Pemerintah. Jadi kalau nanti ganti pemerintahnya, program ini tidak ganti. Kami sedang merancang peta jalan sampai Tahun 2035,” Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah (Dirjen PAUD Dikdasmen), Jumeri di Jakarta

Dia menjelaskan peta jalan yang sedang disusun nanti akan menjadi milik Negara, dan akan ditetapkan dengan Keputusan Presiden (Keppres), dan Program Sekolah Penggerak akan ada di peta jalan tersebut.
“Jadi nanti ada kewajiban Mendikbud berikutnya adalah untuk melanjutkan program-program yang sedang diperjuangkan bersama menjadi peta jalan Negara,” kata Jumeri.

Menurutnya, peta jalan ini dibuat untuk memastikan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) ke depan, pengembangannya benar, langkah-langkahnya tepat, dan sasarannya juga tepat. “Ini yang sedang kami perjuangkan,” kata Jumeri.

BERITA REKOMENDASI