Program Sekolah Penggerak Masuk Peta Jalan Pendidikan Hingga 2035

Terkait dengan program Sekolah Penggerak, targetnya sampai total sekolah semua, menjadi Sekolah Penggerak, baik yang diintervensi langsung lewat program Pemerintah maupun berasal dari sekolah pengimbasan dari sekolah-sekolah penggerak yang sedang difasilitasi, nanti menghasilkan sekolah penggerak.

“Program Sekolah Penggerak sendiri merupakan program yang ditawarkan Kemendikbud, bertujuan meningkatkan hasil belajar, kualitas SDM, dan mutu Pendidikan dengan kerja sama antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah,” paparnya.

Jumeri menambahkan, tahun 2021 ini Kemendikbud telah menjaring 2.500 sekolah yang terdiri dari 111 Kabupaten/Kota, dan 34 provinsi keterwakilinya untuk menjadi sekolah penggerak, dan targetnya bertahap akan meningkat pada tahun-tahun berikutnya, sampai seluruh sekolah menjadi sekolah penggerak.

“Sekolah yang terpilih menjadi sekolah penggerak, bukan berdasarkan sekolah unggulan atau berprestasi, namun dari berbagai jenjang dan tahapan,” ungkapnya.

Sekolah penggerak ini, merupakan kolaborasi antara pemerintah pusat dengan daerah dan diselenggarakan bersama sekolah. Keterlibatan dan kemampuan kepala sekolah menjadi penentu keberhasilan Sekolah Penggerak.(ati)

BERITA REKOMENDASI