Proyek Kerja Sama RI-Jepang Bakal Dipercepat

BOGOR, KRJOGJA.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan, tahun ini merupakan tahun yang membanggakan bagi hubungan Indonesia-Jepang, yang telah memasuki usia 60 tahun. Untuk itu Presiden menyambut baik kedatangan Utusan Khusus Perdana Menteri Jepang Toshihiro Nikai dan rombongan yang dilakukan terkait perayaan hubungan kedua negara tersebut.

Presiden juga mengemukakan, pertemuannya dengan Perdana Menteri Shinzo Abe di Manila Filipina pada November 2017 lalu, kedua negara telah menyepakati beberapa hal.

"Kami sepakat untuk segera menyelesaikan kerja sama infrastruktur yang ada. Dan saat itu saya menyampaikan agar kita cepat-cepat menyelesaikan proyek kerja sama yang telah kita sepakati," kata Presiden Jokowi ketika menerima kunjungan Delegasi Utusan Khusus PM Jepang Toshihiro Nikai dan rombongan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/1/2018). Delegasi Utusan Khusus PM Jepang juga menyampaikan pentingnya Indonesia bagi Jepang.  

Presiden Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Utusan Khusus Presiden Indonesia untuk Jepang Rahmat Gobel.

Menlu Retno Marsudi mengatakan, dalam pertemuan tersebut Presiden Jokowi juga meminta dukungan Pemerintah Jepang dalam penyelenggaraan Asian Games 2018. "Presiden tadi juga sempat menyinggung mengenai beberapa kerja sama, selain masalah infrastruktur, yaitu permintaan pada Jepang untuk mendukung penyelenggaraan Asian Games," kata Retno.

Kedua negara juga akan menjajaki kerja sama di bidang lingkungan hidup. Salah satu yang tengah diagendakan yakni kunjungan Wakil Menteri Lingkungan Hidup Jepang ke Indonesia untuk meninjau Sungai Citarum Jawa Barat. "Untuk penjajakan awal kerja sama Indonesia dengan Jepang untuk Sungai Citarum," ujar Retno.(Sim)

 

BERITA REKOMENDASI