PSBB Berakhir, Masjid Bisa Segera Dibuka

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla menyatakan pembukaan masjid dapat dilakukan usai pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berakhir. Sejumlah wilayah di Indonesia masih menerapkan PSBB selama pandemi virus corona (covid-19) termasuk DKI Jakarta yang akan berakhir pada 4 Juni 2020.

“Ketika PSBB berakhir artinya kantor bisa dibuka, pasar dan mal dibuka, maka tempat ibadah juga pun bisa dibuka sesuai keputusan menteri agama, namun dengan beberapa ketentuan protokol kesehatan yang ketat,” ujar JK.

JK menuturkan, pembukaaan masjid dan tempat ibadah lain ini lebih mudah diatur protokol kesehatannya dibandingkan tempat umum lain seperti pasar atau mal. Nantinya jemaah yang menjalankan ibadah hanya perlu menjaga jarak dan mencuci tangan sebelum masuk ke tempat ibadah.

“Orang ibadah di masjid kan paling setengah jam selesai. Tapi kalau di mal, pasar bisa berjam-jam, di kantor juga bisa lama,” jelasnya.

JK meminta para pengurus masjid di seluruh wilayah yang dinyatakan aman agar mematuhi protokol kesehatan di masjid sesuai surat edaran DMI. Edaran tersebut mewajibkan jemaah memakai masker, membawa sajadah sendiri serta menjadi jarak. (*)

BERITA REKOMENDASI