PT AP I Diminta Perbanyak Rambu Tsunami-Gempa di YIA

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati meminta PT Angkasa Pura (AP) I memperbanyak rambu peringatan bencana dan petunjuk jalur evakuasi di Yogyakarta International Airport/Bandara Internasional Yogyakarta (YIA/BIY) di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo, DIY.

Langkah ini sebagai salah satu upaya pengurangan risiko bencana alam dan menjadikan penumpang lebih siap, mengingat kawasan YIA merupakan kawasan rawan gempa bumi dan tsunami. “Semakin banyak rambu, maka semakin baik. Orang bingung kalau bencana tidak jelas lokasi evakuasinya, karena tidak ada tanda atau rambu,” kata Dwikorita seperti diwartakan Antara di Jakarta, Kamis (3/2/2022).

Dwikorita menyebut bangunan Yogyakarta International Airport didesain tahan gempa hingga 8,8 magnitudo dan tsunami setinggi 12 meter.

Dwikorita sewaktu mengunjungi YIA pada Senin (31/1/2022), mengingatkan pengelola terkait pentingnya rambu tanda evakuasi yang jelas dan mudah dipahami pengguna bandara. Disebutkan, jika tanda atau rambu-rambu yang terpasang tidak jelas, maka ketika terjadi bencana gempa bumi atau tsunami, pengguna bandara akan panik dan bukan tidak mungkin berada di lokasi evakuasi yang salah. “Alih-alih selamat, kondisi ini justru akan menyebabkan jatuhnya korban,” katanya.

BERITA REKOMENDASI