Pungli Marak, Peran Pemda Dipertanyakan

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyesalkan masih adanya sejumlah oknum Dinas Perhubungan (Dishub) yang melakukan aksi pungutan liar (pungli) kepada sopir truk. Aksi ini sebelumnya dilaporkan oleh sejumlah sopir truk ketika bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Sebagai langkah menindaklanjuti hal tersebut, Menhub telah mengirimkan surat kepada Pemerintah Daerah (Pemda) untuk segera melakukan penindakan kepada oknum-oknum tersebut.

"Memang kemarin yang dilaporkan lebih banyak ke Dishub, makanya dua hari lalu saya sudah buat surat edaran kepada Gubernur untuk menindaklanjuti," kata Menhub, Jumat (11/5/2018).

Sebagai pihak yang turut bertanggung jawab dalam membersihkan aksi pungli tersebut, Menhub juga akan berkoordinasi dengan tim Saber Pungli.

Dengan peningkatan koordinasi ini diharapkan ke depan tidak ada lagi pihak-pihak yang melakukan aksi pungli dalam bentuk apa pun.

Pemerintah memang tengah fokus meningkatkan daya saing logistik di Indonesia. Salah satu yang dilakukan saat ini adalah dengan pembangunan berbagai infrastruktur transportasi.

Pembangunan efisiensi logistik ini harus dibarengi dengan reformasi mental para regulator di sektor perhubungan. "Jadi degan berkoordinasi Saber Pungli, ke depan tak akan ada lagi penyimpangan," ucap Budi Karya. (*)

BERITA REKOMENDASI