Putus Penyebaran Corona, Pekerja Migran Diminta Tunda Mudik

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah meminta para pekerja migran Indonesia (PMI) yang sedang bekerja di luar negeri agar menunda rencana cuti, mudik dan kepulangannya ke tanah air pada masa pandemi Covid-19.

Jika terpaksa pulang, menurutnya, para PMI diwajibkan memenuhi standar protokol kesehatan yang telah ditetapkan. “Untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, kita imbau PMI untuk menunda kepulangannya sampai wabah Corona dapat teratasi. Kepulangan PMI dapat dilakukan bagi yang habis masa kontrak kerjanya, PMI yang habis masa visa kerjanya, dan/atau PMI yang dideportasi,” kata Ida di Jakarta, Minggu (10/5/2020) malam.

Ida saat menjadi narasumber Diskusi Online yang digelar AKU Indonesia bertema “Kebijakan Penempatan dan Pelindungan PMI pada masa Pandemi Covid-19 dan penerapa UU Nomor 18/Tahun 2017” menyebutkan, pihaknya terus berkoordinasi dengan perwakilan RI di negara penempatan dan atase ketenagakerjaan untuk memastikan pelindungan bagi PMI yang bekerja di luar negeri.

BERITA REKOMENDASI