PWNU Jatim: Tidak Perlu Boikot Produk Prancis

JAKARTA, KRJOGJA.com – Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH Marzuqi Mustamar menyerukan dan mengajak kaum Nahdliyin khususnya dan masyarakat umumnya untuk tidak ikut ikut memboikot produk Prancis. Penegasan Pimpinan Pondok Pesantren Sabilul Rosyad, Gresik Jawa Timur ini dikutip dari video yang tengah viral di media sosial, Minggu (8/11/2020).

“Kalau anda mau berangkat Umroh, lalu pesawatnya Airbus masak iya tidak jadi berangkat. Dan pesawat itu produksi Prancis. Apa tidak malu-maluin teriak boikot produk Prancis ternyata naik pesawat Airbusnya menuju ‘Tanah Haram’,” ungkap KH Marzuqi.

Salah satu murid KH. A. Masduqi Machfudz, ulama Kota Malang, Jawa Timur itu menyatakan, jika benar-benar saling melakukan Muqothoah (boikot), Indonesia memboikot Prancis dan sebaliknya, maka yang rugi Indonesia.

“Kita lebih banyak ekspor ke Prancis dari pada kita impor. Neraca perdagangan Prancis-Indonesia itu, impor hanya 1,9 miliar dolar sementara ekspor Indonesia 2 koma sekian miliar dolar,” katanya.

BERITA REKOMENDASI