Rangkaian SKB CPNS Kementerian PANRB Dimulai, Utamakan Integritas

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah memulai rangkaian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun anggaran 2021. Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Umum Kementerian PANRB Sri Rejeki Nawangsasih meminta seluruh peserta mengedepankan integritas dan sikap percaya diri saat mengikuti seleksi.

“Saya harap peserta bisa tenang, percaya diri, yakin pada kemampuan diri, serta utamakan integritas,” ujarnya saat meninjau pelaksanaan SKB di Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Jakarta, Sabtu (27/11/2021).

SKB Kementerian PANRB digelar selama empat hari secara luring dan daring. Tes yang dilaksanakan antara lain, substansi jabatan dengan menggunakan ‘Computer Assisted Test’ (CAT), tes TOEFL, psikotes dan wawancara psikotes, wawancara dengan pimpinan unit kerja, serta praktik kerja.

Sri menjelaskan bahwa masing-masing jenis tes memiliki tujuan yang berbeda. Tes substansi jabatan dengan menggunakan CAT merupakan cara mengetahui kemampuan peserta terkait jabatan yang akan diembannya jika lulus nanti.

Lebih lanjut, tes TOEFL adalah upaya memprediksi kemampuan Bahasa Inggris peserta CPNS Kementerian PANRB. Sementara psikotes dan wawancara psikotes berguna untuk mengetahui potensi sikap dan perilaku serta kepribadian CPNS yang akan mengisi jabatan.

BERITA REKOMENDASI