Rapid Test Buatan Anak Negeri Dorong Kemandirian Bangsa

JAKARTA, KRJOGJA.com – Hampir semua negara di dunia terutama yang terkena pandemi memerlukan banyak alat kesehatan (alkes), seperti ventilator, alat rapid test, dan lain sebagainya. Hal itu menjadikan peluang untuk menghasilkan produk yang dapat mendukung percepatan penanganan Covid-19.

Pemerintah Indonesia terus mendorong pengembangan inovasi dan produk dalam negeri, khususnya untuk penemuan alkes terkait penanganan Covid-19. Salah satunya yaitu penemuan alat rapid test RI-GHA Covid-19 atau Rapid Diagnostic Test IgG/IgM.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy sangat mengapresiasi hasil temuan anak negeri berupa alat rapid test tersebut. Alat itu digadang mampu menjadi solusi atas pemenuhan kebutuhan alkes yang sudah sangat mendesak di Indonesia.

“Tentu saja kita harus mendukung karya anak bangsa. Kita dorong agar produk dalam negeri bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri kita tanpa harus tergantung produk dari luar. Ini ada kaitannya dengan masalah mental. Perlu ada revolusi mental untuk kita bangga dengan produk dalam negeri kita sendiri, kita mencintai produk dalam negeri kita sendiri, dan kita bisa menggunakan secara penuh dengan percaya diri dengan produk dalam negeri,” ujar Menko PMK Muhadjir Effendy saat konferensi pers peluncuran inovasi produk RI-GHA Covid-19 di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (9/7).

BERITA REKOMENDASI