Ratusan Kampus Buka Pendaftaran Online via Aplikasi

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan pandemi virus corona Covid-19, mengharuskan kegiatan belajar dan mengajar dilakukan dari rumah. Tak hanya itu, aktivitas administrasi khususnya di kalangan universitas pun terhambat.

Oleh karena itu, sejumlah universitas di Indonesia menggalakkan inisiatif pendaftaran kuliah instan lewat aplikasi berbasis Android dan ios yang diberi nama goKampus. Saat ini aplikasi tersebut telah bekerjasama dengan 150 kampus di Indonesia.

Setidaknya ada dua alasan yang melatarbelakangi dibuatnya aplikasi goKampus yaitu selama pandemi ini, para calon mahasiswa kurang mendapatkan akses informasi dari perguruan tinggi yang diminati dan sulitnya melengkapi dokumen sebagai syarat pendaftaran mahasiswa baru.

“Dengan merangkul solusi teknologi dengan goKampus, pihak universitas juga ikut mendukung program pemerintah untuk mengurangi risiko penularan virus corona. Sebab, semua proses baik dari sisi siswa maupun universitas dapat dilakukan secara mobile tanpa kontak fisik,” tulis CEO goKampus Nathanael Santoso.

Berdasarkan pencarian di Google Play Store, aplikasi goKampus telah diunduh lebih dari 100 pengguna. Pada halaman beranda aplikasi, calon mahasiswa bakal disuguhkan oleh sejumlah fitur seperti Instant Approval, Scholarships, Apply to Campus, Campus Events, Education Fund, Student Promo, dan Internships.

Setelah membuat akun goKampus, Anda diharuskan untuk mengunggah foto berukuran 3×4 (bisa juga foto swafoto) atau mengambil foto rapor lalu akan diverifikasi melalui sistem melalui fitur Instant Approval.

Dengan adanya fitur Instant Approval ini calon mahasiswa bisa langsung mendaftar ke perguruan tinggi yang tergabung dalam goKampus. Untuk mencari apakah universitas yang Anda minati sudah bergabung di dalam aplikasi, pilih fitur Apply to Campus. (*)

BERITA REKOMENDASI