Ratusan Pendaki Terjebak di Anak Gunung Rinjani

Editor: Ivan Aditya

LOMBOK (KRjogja.com) – Anak Gunung Rinjani erupsi dan mengeluarkan abu vulkanik setinggi 2.000 meter dari puncak, Selasa (27/09/2016). Ratusan wisatawan asing dan lokal masih terjebak di atas Gunung Barujari, Lombok Timur.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melansir hingga kini tercatat masih ada 389 wisatawan di Gunung Rinjani, berdasarkan informasi sementara dari Seksi Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Rinciannya 333 turis asing dan 56 wisatawan lokal, tercatat masuk sejak 25 sampai 27 September 2016 lalu.

Data Pos TNGR mencatat 112 turis asing dan delapan wisatawan Nusantara melakukan pendakian ke Gunung Rinjani melalui jalur pendakian Sembalun sejak Selasa pagi sebelum letusan. Sehari sebelumnya, 156 turis, dengan rincian 136 wisatawan asing dan 18 lokal. Data 25 September tercatat 116 wisatawan masuk, dengan rincian 86 orang asing dan 30 turis lokal.

"Saat ini BPBD Provinsi NTB bersama BPBD Lombok Timur, TNGR, Kepolisian, Pos Pengamatan Gunung Rinjani, dan relawan masih melakukan koordinasi untuk mengetahui kondisi wisatawan yang masih berada di gunung," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho. (*)

BERITA REKOMENDASI