Reaktivasi 4 Jalur Kereta Api Habiskan Rp6,3 T

BANDUNG, KRJOGJA.com  Rencana pemerintah mereaktivasi empat jalur kereta api di Jawa Barat diperkirakan bakal menekan biara sekitar Rp6,3 triliun. Untuk tahap awal, reaktivasi bakal dilakukan untuk jalur Cibatu-Garut.

Menteri BUMN Rini Sumarno mengatakan, pihaknya terus mendorong proses reaktivasi empat jalur kereta api di Jawa Barat. Keempatnya adalah Cibatu-Garut, Banjar-Pangandaran, Bandung-Ciwidey, dan Rancaekek – Tanjungsari.

 

Reativasi saya dorong terus, melihat masyarakat banyak yang memanfaatkan kereta api. Karena aman, nyaman, tepat waktu. 2018 saja, penumpang kereta api di atas 424 juta. Kenaikan cukup besar dibanding 2017," kata Rini Sumarno di sela-sela acara Fun Walk HUT BUMN 2019 di Soreang, Kabupaten Bandung, Minggu (10/3/2019).

 

Dia berharap, proses reaktivasi jalur KA di Jabar bisa menambah minat masyarakat menggunakan kereta api. Apalagi banyak jalur di Jabar yang cantik untuk mendongkrak wisata, seperti ke Garut dan Pangandaran.

Saat ini, dari empat jalur KA yang bakal direaktivasi, jalur Cibatu-Garut progresnya paling cepat. Di jalur tersebut, telah dilakukan proses pembebasan lahan yang dipakai warga. Sementara Bandung-Ciwidey, baru proses pemetaan.

"Progress Bandung ciwidey baru pemetaan. Karena ada dipakai masyarakat. Sehingga harus ada upaya yang baik untuk mereka. Harapan sebelum akhir tahun sudah bisa mulai aktifkan," imbuh Rini. (*)

BERITA REKOMENDASI