Redam Covid-19, Program 10 Rumah Aman dan Warga Majalengka Optimalkan Home Industri

MAJALENGKA, KRJOGJA.com – Optimalisasi potensi home industri Kecamatan Sumber Jaya, Majalengka, Jawa Barat, diberdayakan guna meredam infeksi pandemi Covid-19. Bersinergi bersama program 10 Rumah Aman, sedikitnya 6.000 pcs masker produk home industri di sana sudah dibagikan di Desa Penjalin Lor dan Rancaputat. Treatment ini menjamin wilayahnya tetap hijau Covid-19 dan ekonomi warga berdenyut.

Kepala Desa Rancaputat, Sumber Jaya, Eli Herawati mengatakan, warga mendapat jaminan kesehatan dan ekonomi sekaligus. “Pandemi Covid-19 dan efeknya sudah ditangani menyeluruh melalui program 10 Rumah Aman. Untuk memutus sebaran Covid-19, beragam protokol kesehatan diterapkan di Rancaputat. Kami juga menjaga keseimbangan ekonomi di sini dengan menguatkan posisi home industrinya. Kami membeli masker yang mereka produksi, lalu membagikannya kepada warga,” kata Eli, Selasa (21/4).

Menerapkan program 10 Rumah Aman, sedikitnya 2.000 pcs masker sudah didistribusikan pada warga Desa Rancaputat. Masker jadi salah satu piranti penting guna mencegah sebaran Covid-19. Dari hasil penelitian, masker kain punya efektivitas menangkal infeksi Covid-19 hingga 70%. Daya tahannya 4 jam. Agar semakin efektif, warga tetap harus menjaga jarak dalam keramaian minimal 1 atau 2 meter.

“Kami jalankan seluruh protokol kesehatan yang diinstruksikan pemerintah pusat. Masker ini menjadi kebutuhan yang penting bagi warga. Mereka juga selalu mengenakannya saat terpaksa bepergian. Pada perinsipnya mereka tetap tinggal #DiRumahSaja. Yang jelas, kami terus fokus melindungi keluarga dari potensi infeksi Covid-19,” tegas Eli.

BERITA REKOMENDASI