Redam Covid-19, Program 10 Rumah Aman dan Warga Majalengka Optimalkan Home Industri

Selain masker yang menggerakan perekonomian, beragam treatment diterapkan pada Desa Rancaputat. Dilakukan oleh aktivis Dasa Wisma, mereka aktif melakukan pencatatan suhu tubuh secara rutin. Ada juga aktivitas penyemprotan disinfektan. Sasarannya adalah rumah warga, posyandu, tempat ibadah, hingga beberapa spot di ruas jalan.

“Kami harus memastikan lingkungan di sekitar tetap aman dari pandemi Covid-19. Semua ini dilakuka secara secara bergotong royong. Warga juga sudah memiliki kesadaran tinggi. Kami berharap pandemi Covid-19 segera berakhir. Lalu, warga bisa menjalani kembali kehidupan secara normal. Berkarya lebih produktif untuk kebaikan bersama,” papar Eli lagi.

Serupa Rancaputat, treatment serupa menghadapi pandemi Covid-19 secara umum dilakukan warga Desa Panjalin Lor, Sumber Jaya. Menggerakan perekonomian desa, mereka juga ikut membeli produk masker milik beberapa home industrinya. Jumlah masker yang dibelinya mencapai 4.000 pcs dan sudah didistribusikan kepada 63,5% warga. Total warga desa di sini berjumlah 6.300 jiwa.

“Kami juga mengoptimalkan fungsi dan peran dari home industri dalam penanganan pandemi Covid-19. Dalam situasi ekonomi yang berat ini, masih ada inkam yang bisa didapatkan oleh warga. Nantinya kekurangan masker akan dipenuhi secepatnya. Dengan begitu, warga akan makin aman,” terang Kepala Desa Penjalin Lor Cahya Sunarya.

Guna menjamin kesehatan warganya secara menyeluruh, mereka juga menjalankan protokol kesehatan. Ada aktivitas pengukuran suhu tuhun dan penyemprotan disinfektan. Untuk penyemprotan disinfektan dilakukan di rumah warga, tempat ibadah, posyandu, dan beberapa spot fasilitas umum. Lebih lanjut, aktivitas 10 Rumah Aman akan dilakukan menyeluruh pada Rukun Tetangga (RT) di sana.

 

BERITA REKOMENDASI