Rektor Asing Bakal Didatangkan dari Amerika

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengatakan bahwa akan ada kerja sama lebih lanjut antara perguruan tinggi swasta di Indonesia dengan perguruan tinggi di Amerika Serikat terkait penempatan rektor asing.

Sebelumnya, Menristekdikti Mohamad Nasir telah meresmikan perguruan tinggi swasta baru yang dipimpin rektor asing di Indonesia. Kampus tersebut adalah Universitas Siber Asia dengan rektor dari Korea Selatan, yakni Jang Jun Cho. "Sebentar lagi ada permintaan dari perguruan tinggi lain yang nanti akan kerja sama dengan Amerika ini lagi negosiasi mereka ya," kata Nasir.

Nasir belum bisa membeberkan perguruan tinggi mana saja yang akan menjalin kerja sama. Kampus dari Amerika yang akan membuka kerja sama pun belum dipaparkan olehnya. Natsir hanya mengatakan bahwa lulusan universitas Indonesia yang menjalin kerja sama itu dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Natsir menyebut sejauh ini baru perguruan tinggi swasta yang bisa menampung rektor asing. Untuk perguruan tinggi negeri, Nasir masih ingin memperbaiki regulasi, agar penempatan rektor asing dapat dilakukan di 2020 mendatang. "Untuk perguruan tinggi negeri kami sedang perbaiki peraturan-peraturannya mudah-mudahan selesai di tahun 2019," jelasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI