Resmi! Tarif Tertinggi Tes PCR Rp495 Ribu

Editor: Agus Sigit

JAKARTA, KRjogja.com – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) resmi menetapkan batasan tarif tertinggi tes swab PCR menjadi Rp495 ribu khusus di Jawa dan Bali. Namun, untuk di luar Jawa-Bali, tarifnya Rp525 ribu.

“Dari hasil evaluasi kami sepakai bahwa batasan tarif tertinggi tes swab PCR diturunkan menjadi Rp495 ribu untuk Jawa dan Bali, serta Rp525 ribu untuk di luar Jawa dan Bali,” ujar Dirjen Yankes Abdul Kadir saat jumpa pers virtual, Senin (16/8/2021).

Abdul Kadir menekankan bahwa penentuan batasan tarif tertinggi ini dilakukan dengan melakukan evaluasi. Di antaranya terkait dengan penghitungan biaya, jasa pelayanan, komponen reagen, biaya admin dan lainnya.

Untuk itu, pihaknya memohon agar semua fasilitas kesehatan seperti rumah sakit laboratorium dan pemeriksaan lainnya dapat mematuhi batasan tarif tertinggi ini. Kemudian, hasilnya dikeluarkan dalam durasi 1×24 jam dari hasil pemeriksaan swab.

“Kami harapkan dinas kesehatan daerah kabupaten kota harus melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap batas tarif tertinggi,” tuturnya.

Batasan tarif tertinggi ini, sambungnya akan terus dilakukan peninjauan ulang. Harga baru tersebut baru akan diterapkan mulai besok, Selasa 17 Agustus 2021.

Sekadar diketahui, umumnya, biaya yang dipatok untuk melakukan tes PCR berada di kisaran Rp900.000 dan biaya akan lebih mahal jika ingin hasil tes keluar lebih cepat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun meminta agar tarif tes PCR diturunkan. Hal itu seiring dengan upaya pemerintah dalam mempercepat testing guna menekan Covid-19.

“Saya minta agar biaya tes PCR berada di kisaran Rp450.000- Rp.550.000,” ujar Jokowi.

 

PCR

BERITA REKOMENDASI