Revolusi Digital, Paksa Dunia Usaha Lakukan Transformasi

Editor: Agus Sigit

Ida menilai, pesatnya pertumbuhan platform digital di Indonesia menunjukkan bahwa ekonomi digital tumbuh pesat di negeri ini. Karena itu, buku “Pola Kerja Kemitraan Di EraDigital” sangat pantas dijadikan referensi, khususnya bagi perusahaan aplikasi dan pelaku bisnis dalam mengembangkan skala ekonomi yang lebih luas.

Penulis buku “Pola Kerja Kemitraan Di Era Digital”, Endang Yuniastuti menyatakan, revolusi industri 4.0 mengakibatkan pergeseran dalam proses produksi dari konvensional menjadi digital. Kondisi itu juga mengakibatkan pergeseran dalam pola kerja yang semula menggunakan konsep hubungan kerja bergeser menjadi pola kerja kemitraan.

Begitu juga pergeseran kepemilikan ekonomi dari yang semula konsep kepemilikan tunggal dalam usaha bergeser menjadi semi ekonomi. “Model tersebut sedang mengalami perkembangan di Indonesia, terutama di bidang jasa transportasi. Kehadiran transportasi berbasis online di Indonesia dengan pola kerja kemitraan dan sistem semi ekonomi telah memberikan manfaat sekaligus persoalan,” jelas Endang. (Ful)

 

BERITA REKOMENDASI