RI-Belanda Kolaborasi Pendidikan dan Kesehatan

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menristek/BRIN Bambang Brodjonegoro mengatakan keesehatan dan pendidikan adalah dua hal yang ada di dalam daftar utama kolaborasi pendidikan dan penelitian Indonesia-Belanda saat ini.

” Kita tahu Belanda banyak universitas yang menduduki peringkat terbaik kelas dunia. Oleh karena itu tidak mengherankan jika negara ini memililiki kualitas yang tergolong yang sangat bagus sehingga Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro menilai pentingnya Indonesia belajar kepada negara ini dalam hal pengelolaan pendidikan tinggi.

“Saat ini universitas di Indonesia menduduki peringkat 296 di QS World (rangking universitas di dunia), hal ini bisa dikatakan cukup rendah Indonesia merupakan peringkat ke 4 berkaitan dengan populasi dan menduduki posisi ke 16 dalam GDP perekonomian,” kata Bambang pada pembukaan ajang Week of Indonesia-Netherlands Education and Research (WINNER) 2020 yang digelar oleh NWO–KNAW–Nuffic Neso Indonesia–LIPI–ALMI–Kedutaan Besar Belanda di Indonesia secara virtual. WINNER 2020 mengambil tema “Achieving the SDGs: from Knowledge to Practice”.Selasa (24/11 2020) malam.

Menurut Bambang, Indonesia membutuhkan upaya-upaya untuk mempercepat peningkatan kualitas perguruan tinggi. Melalui WINNER, kolaborasi internasional menjadi prioritas, guna mempercepat peningkatan kualitas perguruan tinggi Indonesia terutama melalui kerjasama internasional dengan Belanda.

“Berdasarkan pengalaman saya ketika masih menjabat di Universitas Indonesia melakukan kontak dengan universitas luar negeri (baik dengan pihak universitas dan professor) untuk menawarkan kerjasama penelitian sangatlah mudah. Melalui acara ini diharapkan kerjasama penelitian Indonesia dengan Belanda dapat terus bertambah dan akan terus mendapatkan dukungan penuh dari kedua belah Negara,” jelas Bambang.

BERITA REKOMENDASI