Risiko Covid-19 Bergeser ke Zona Oranye

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan zona risiko penularan Covid-19 di tingkat kabupaten/kota semakin bergeser ke arah zona oranye. Itu menandakan jika sebagian besar kabupaten/kota memiliki risiko penularan covid-19 sedang.

“Dalam 10 bulan ini terlihat bahwa zona risiko tingkat kabupaten/kota semakin geser ke arah zona oranye sejak beberapa minggu terakhir ini, zona merah cenderung fluktuatif, dan zona hijau semakin sedikit,” ujarnya.

Data satgas Covid-19 per 27 Desember mengungkapkan mayoritas kabupaten/kota berada di zona oranye sebanyak 377 daerah. Lalu, zona merah 76 daerah, zona kuning 49 daerah, dan zona hijau hanya 12 daerah.

Selain itu, ia mencatat sebanyak 27 kabupaten/kota masih memiliki lebih dari 1.000 kasus aktif. Menurutnya, ini perlu menjadi perhatian bagi pemerintah daerah.

Ia melanjutkan kabupaten/kota yang memiliki kontribusi terbesar berada di Pulau Jawa. Karenanya, ia menilai jika kasus positif di Pulau Jawa harus dikendalikan dengan baik, guna menekan kasus positif secara nasional.

“Oleh karena itu, pimpinan di daerah harus memperhatikan data ini dan menjadikan basis pengambilan kebijakan pengendalian pandemi di daerah masing-masing,” tuturnya. (*)

BERITA REKOMENDASI