Rumah Sakit Minta Waktu Sesuaikan Harga Swab Mandiri

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) meminta waktu untuk menyesuaikan harga tes usap atau swab corona mandiri. Hal ini berkaitan dengan keputusan Kementerian Kesehatan dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) yang menetapkan batas maksimal harga swab mandiri sebesar Rp900 ribu.

“Tolong beri waktu untuk penyesuaian bagi yang telah lebih dulu membeli kebutuhan-kebutuhan pemeriksaan dengan harga di atas batas maksimal yang telah ditentukan pemerintah,” kata Sekretaris Jendral Lia Gardenia Partakusuma.

Lia menuturkan bahwa harga pemeriksaan itu sebenarnya tergantung pada penyediaan fasilitas, bahan baku, serta kebutuhan operasional. Karenanya, kata Lia, pemerintah juga harus mengatur harga alat lab dan bahan baku yang digunakan menjadi murah atau terjangkau.

Jika hal itu bisa dilakukan, maka menurut Lia rumah sakit bisa mengikuti kebijakan pemerintah terkait batas maksimal harga swab mandiri. “Serta kemudahan akses untuk mendapatkannya serta menjamin ketersediaan seluruh kebutuhan, PERSI bisa saja mengikuti batas harga tersebut,” ucap Lia. (*)

BERITA REKOMENDASI