Rumus 5 – 5 – 3 Hadapi Fase Puncak Armuzna

Editor: Ivan Aditya

MAKKAH, KRJOGJA.com – Jelang pelaksanaan prosesi puncak haji Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna), seluruh petugas diminta memperhatikan tugas dan fungsinya masing-masing. Hal tersebut ditegaskan Menag RI Lukman Hakim Saifuddin usai konsolidasi seluruh petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 1440H, Selasa (06/08/2019) malam.

Dalam kesempatan tersebut, seluruh petugas kloter, petugas sektor, petugas daker, KKHI dan lainnya yang saat ini terkonsentrasi di Makkah bertemu untuk kembali mempertegas dan memperteguh kewajiban yang diemban.

"Seperti yang saya katakan, ada formula 5 – 5 – 3. Ada lima hal yang harus menjadi cermatan kita bersama. Sebelum wukuf ada lima hal. Lalu ada lima hal lain saat wukuf dan yang terakhir tiga poin pasca wukuf," sebut Menag.

Lima hal yang perlu diperhatikan petugas saat fase prawukuf, yakni cermati pergerakan jemaah setelah penghentian distribusi katering, cermati dampak penghentian bus shalawat, pantau kondisi kesehatan jemaah, sosialisasikan secara masif aktivitas yg akan dilakukan jemaah ketika berada di Armuzna serta memberikan bimbingan manasik haji selama di Armuzna.

Sedangkan saat wukuf, ada lima hal yang harus menjadi perhatian petugas, yakni melakukan penyisiran di setiap hotel pada masing-masing kloter pada 8 Dzulhijjah setiap sektor tidak boleh ada jemaah yang tertinggal di hotel, memastikan pada 9 Dzulhijjah semua jemaah sudah ada di Arafah, mencermati pergerakan jemaah dari Arafah menuju Muzdalifah karena bus yang akan mengangkut jemaah jumlahnya sangat terbatas (21 bus), mencermati pergerakan dari Mudzalifah ke Mina karena bus yang ada makin sedikit (5 bus) dan pergerakan jemaah dari Mina kembali ke hotel.

"Pasca wukuf ada tiga hal yang perlu diperhatikan petugas, yaitu setiap petugas harus kembali ke dakernya masing-masing, memastikan betul kepulangan kloter-kloter pertama ke tanah air dan memastikan pergerakan jemaah khususnya gelombang II dari Makkah ke Madinah," jelas Lukman. (Feb)

BERITA REKOMENDASI