Rusia Ingin Tingkatkan Investasi di Indonesia

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang atau OSO menerima Duta Besar Rusia untuk Indonesia Mikhail Galuzin di Gedung MPR/DPD RI Jakarta, Rabu (03/05/2017). Dalam pertemuan tersebut dibahas hubungan dan kerja sama ekonomi Rusia-Indonesia.

OSO didampingi Wakil Ketua DPD Darmayanti Lubis, anggota DPD RI Bahar Ngitung, Parlindungan Purba, dan Sekjen DPD RI Sudarsono H. Oso menilai, Rusia sudah proaktif terhadap Indonesia untuk terus meningkatkan dan menjalin kerjasama. Apalagi siklus ekonomi dunia saat ini memang membutuhkan suatu kesadaran antarnegara untuk pembangunan kebangkitan ekonomi.

“Dimana ekonomi global saat ini mengalami kesulitan dan gangguan, maka kerjasama antarnegara harus ditingkatkan,” ujarnya.

Apalagi perdagangan bilateral Indonesia – Rusia bergerak menurun. “Tentu ini bukan keinginan kedua negara. Untuk itu, saya menawarkan keunggulan teknologi dari Rusia, agar investasi Rusia di Kalimantan Timur dapat membantu pembangunan ekonomi yang lebih baik,” tutur OSO.

Karena itu, dia berharap agar Dubes bisa menyampaikan kepada pemerintah Rusia untuk meningkatkan investasi yang tak hanya kerata api, tapi juga aluminium, bauksit, alumina dan lain-lain. Baik bahan setengah jadi maupun sudah jadi. “Jadi, kami berteirma kasih atas kunjungannya ini,” katanya.

Sementara itu Mikhail Galuzin mendukung apa yang disampaikan OSO agar kerjasama ekonomi kedua negara terus ditingkatkan. Presiden Vladimir Putin dan Presiden Jokowi pun sudah bertemu untuk pengembangan proyek-proyek industri, pertahanan dan ketahanan.

Kesepakatan di bidang pertanian dan ekonomi. Seperti pembangunan kilang minyak di Jawa Timur, pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN), dan industri Migas di Indonesia. Juga pengembangan proyek KA di Kaltim, dan bauksit di Kalimantan Barat,” tuturnya. (*)

BERITA REKOMENDASI