Rute Kereta Cepat Bakal Diperpanjang hingga Yogya, Ini Kata Menhub

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyambut baik kemungkinan untuk memperpanjang rute kereta cepat Jakarta-Bandung hingga Solo atau Yogyakarta. Hal ini dinilai akan membuat transportasi tersebut lebih layak dari sisi keekonomian.

‎"Secara teoritis makin jauh makin bagus. Makin feasible makin jadi preferensi kita kan. Kalau penumpangnya lebih jauh lebih banyak kan malah lebih feasible," ujar dia dalam keterangannya, Senin (5/2/2018).

Budi Karya mencontohkan, jika untuk rute kereta cepat Jakarta-Bandung jumlah penumpangnya sebanyak 30 ribu orang, maka bila jaraknya diperpanjang, potensi jumlah penumpang yang menggunakan transportasi tersebut bisa bertambah.

"Kalau Jakarta-Bandung umpamanya 30 ribu penumpangnya, tiba-tiba begitu tambahin ke sana meski cuma 80 kilometer (km), ekstrem lah melonjaknya 3 kali lipat, kan jadi lebih feasible," jelas dia.

Selain ke Solo atau Yogyakarta, lanjut Budi, opsi untuk memperpanjang rute kereta cepat tersebut ke Kertajati juga dimungkinkan. Sebab, jika di Kertajati telah ada bandara, maka kebutuhan masyarakat akan transportasi yang cepat ke bandara sangat diperlukan.

‎"Kan kalau bandara itu rutin, orang dari Karawang mau ke Kertajati buat ke luar negeri disuruh bayar Rp 300 ribu kecil. Tapi bukan harian. Itu contoh," ucap Budi Karya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan membuka opsi memperpanjang rute kereta cepat Jakarta-Bandung sampai ke Solo atau Yogyakarta. (*)

Baca Juga: Sri Lanka Pesan 60 Gerbong KA Kepada Indonesia
 

 

BERITA REKOMENDASI