Saat Ini Momentum Tepat Menata Ulang Pemilu Indonesia

JAKARTA, KRJogja.com – Peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Saat I Dr Siti Zuhro menyatakan saat ini merupakan momentum tepat menata ulang kembali sistem demokrasi dan praktik pemilu Indonesia. Karena sudah 22 tahun mempraktikkan sistem demokrasi dimana perubahan-perubahannya itu tidak hanya fundamental tapi melompat-lompat luar biasa.

“Kita bisa dikatakan selama ini melakukan salto politik yang berbahaya dalam kehidupan demokrasi kita,” tandas Siti Zuhro dalam sarasehan kebangsaan secara daring ‘Pemilu dan Masa Depan Demokrasi Indonesia di Jakarta, Kamis (11/2). Kegiatan diselenggarakan Dewan Nasional Pergerakan Indonesia Maju (DN PIM) dengan narasumber lain Anggota DPR RI Dr Mardani Ali Sera, Guru Besar Ilmu Politik Universitas Nasional Prof Dr TB Massa Djafar, Anggota KPU RI 2007-2012 Dr Endang Sulastri, Dewan Pembina Perluden Titi Anggraini. Pertemuan dibuka Ketua Umum DN PIM Prof Dr Din Syamsuddin.

“Dalam konteks ini saya melihat momentum tersebut tidak digunakan. Sehingga partai politik dan pemerintah berpikir ulang untuk tidak melakukan perubahan praktik Pemilu 2024. Padahal kita perlu serius menata ulang paket undang-undang politik kita, bukan sekadar untuk Pemilu 2024 saja. Menata paket UU politik harus longterm tidak hanya untuk Pemilu 2024 saja. Kalau kita biasa hanya berpikir jangka pendek, target jangka panjang akan bubar,” tandasnya berapi-api.

BERITA REKOMENDASI