Saat Pandemi Covid-19, FKTP Harus Jaga Kontak dengan Peserta

JAKARTA, KRJOGJA.com – Di tengah pandemi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) harus tetap menjaga angka kontak dengan peserta, meskipun di tengah pandemi Covid-19.

Ini sesuai dengan Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 7 tahun 2019,Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) harus tetap menjaga angka kontak dengan peserta, meskipun di tengah pandemi Covid-19 agar pembayaran tetap 100 persen.

Hal tersebut diungkapkan oleh M Iqbal Anas Ma’ruf selaku Kepala Hubungan Masyarakat Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu (19/9 2020)

“Agar FKTP memperoleh pembayaran 100 persen, maka target angka kontak tersebut harus terpenuhi. Namun, karena situasi saat ini tengah pandemi, aturan main harus disesuaikan,” tuturnya.

Iqbal mengatakan, Peraturan BPJS Nomor 7 tahun 2019 mengatur salah satu indikator penilaian kinerja FKTP adalah angka kontak lebih dari sampai dengan 150 permil per bulan.

BPJS Kesehatan telah mengeluarkan kebijakan teknis pembayaran Kapitasi Berbasis Kinerja (KBK) bagi FKTP pada masa pandemi Covid-19, yaitu melalui kontak tidak langsungterpsional Disiplin Protokol Kesehatan, seperti membiasakan 3 Disiplin Plus, rajin cuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, dan menjaga pola hidup sehat,” tutur Iqbal.

BERITA REKOMENDASI