Sabar, Pencairan Subsidi Gaji Rp 2,4 Juta Lewat Bank Swasta Telat 4 Hari

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Ketenagakerjaan mulai mencairkan program subsidi gaji bagi pekerja yang memiliki upah di bawah Rp 5 juta. Subsidi langsung ini bertujuan untuk membantu pekerja yang terdampak pandemi Covid-19.

Namun, pencairan subsidi gaji Rp 600 ribu ini dipastikan lebih cepat bagi pekerja dengan rekening Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara), meliputi BNI, BRI, Mandiri, dan BTN. Sebaliknya, bagi pekerja yang menggunakan rekening bank swasta pencairan bantuan akan lebih lama.

Kepala Biro Humas Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Soes Hindharno dalam keterangannya kepada media, Senin (31/8/2020) mengatakan, perbedaan aturan internal antara perbankan himbara dan swasta menjadi penyebab perbedaan waktu pencairan. Sehingga pekerja dengan rekening bank swasta harus menunggu waktu pencairan 3 sampai 4 hari lebih lama.

“Ini hanya soal waktu, saya punya keyakinan banknya bukan satu manajemen dengan Himbara, tapi non-Himbara. Paling beda 3-4 hari. Itu hanya soal perbedaan aturan internal perbankan,” jelas dia.

Lanjutnya, tidak ada perbedaan mekanisme penyaluran subsidi gaji bagi nasabah Bank Himbara maupun nasabah non-bank Himbara. “Mekanisme penyampaian ya tetap sama, tapi waktu masuknya ke rekening pekerja itu urusan internal perbankan,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI